Rabu, 10 Agustus 2011

Google+ (plus), layanan jejaring sosial baru dari Google

Semua pasti sudah tahu bahwa jejaring sosial yang paling dikenal sekarang ini adalah Facebook. Akan tetapi ternyata tidak hanya Facebok yang punya. Beberapa saat lalu Google juga mulai memperkenalkan layanan baru “social networking” mereka yang baru, Google+ (Google Plus). Dengan adanya layanan ini tampaknya google ingin bersaing dengan Facebook. Meskipun sebelumnya layanan ini hanya bisa digunakan melalui cara invite (undangan), sekarang Google+ sudah terbuka serta siapa saja bisa bergabung.
Social network yang telah menjadi favorit ternyata sudah dikenalkan google mulai tanggal 28 Juni 2011 yang lalu, pada saat itu hanya dibuka untuk orang tertentu sehingga terdapat keterbatasan karena hanya melalui undangan, akan tetapi kini kita sudah bisa join tanpa harus diundang oleh teman yang sudah terdaftar sebelumnya.


Karena Google+ baru dirilis, mengakibatkan sebagian pengguna mungkin terasa bingung dan tidak terbiasa. Tetapi jika sudah terbiasa, hal itu harusnya bukan masalah, apalagi fiturnya masih belum sebanyak facebook. Adapun fitur dan layanan Google+ saat ini sebagai berikut :
Circles – Kita bisa membuat grup kita sendiri berdasarkan kiriteria tertentu, misalnya grup olahraga, teman kantor, teman sekolah, teman arisan, teman bisnis dan sebagainya. Setiap grup terpisah satu sama lain, memberikan keuntungan bagi kita bisa berinteraksi hanya dengan grupp yang kita inginkan.
Sparks – Seperti seach engine sehingga kita bisa memasukkan sebanyak mungkin kata kunci yang berkaitan dengan kita (misal hobi, minat, olahraga dan sebagainya) setelah itu google+ akan memberikan link update konten yang sesuai dengan ketertarikan yang kita cari tersebut.
Hangouts – Fitur ini lebih canggih daripada facebook sehingga bisa kita gunakan untuk langsung berkomunikasi melalui video (live), jumlah 10 orang anggota atau teman. Dan bisa juga untuk saling sharing video dan melihat youtube, dan chatting via text/tulisan disampingnya.
Huddle – Fitur ini untuk chatting di handphone (mobile phones) sehingga kita tidak terputus dimanapun kita berada.
Instant Upload – Layanan berfungsi untuk upload foto maupun video secara instan dari mobile phone ke Google+ untuk kemudian di share.
Bagi yang sudah mempunyai account google atau gmail, untuk bergabung sangat mudah, setelah login buka https://plus.google.com, tinggal klik saja tombol Sign In. Bagi yang belum punya, untuk mendaftar juga relatif mudah seperti membuat email baru saja.

Setelah terdaftar, kemudian sudah masuk ke halaman acount Google+ kita, maka langsung bisa mencari teman, invite, menuliskan status, upload foto/video serta yang lainya. Silahkan di coba dan dites berbagai fitur Google+ dan bandingkan dengan facebook, apakah kira-kira Google+ akan bisa besaing dengan Facebook. Seiring dengan berjalannya waktu, kemungkinan layanan atau fitur Google plus juga akan bertambah, termasuk tips dan triknya akan banyak beredar di internet.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Posting terbaru

Anda ingin trading dengan modal hanya $1 saja... Silakan daftar di sini maka anda akan dapat $5 gratis Marketiva