Kamis, 25 Agustus 2011

Batas Akhir Waktu Sahur

Tanya :


Ustadz, saya minta penjelasan kapan akhir waktu sahur? Apakah pada saat Imsak, saat adzan subuh atau adzan subuh berakhir?


Jawab :


Empat Imam madzhab sepakat dengan pendapat; waktu sahur itu berakhir pada waktu terbit fajar shadiq (thulu’lfajr al-shadiq). Bisa berarti, waktu sahur berakhir sampai adzan Shubuh. Diterangkan dalam firman Allah SWT artinya,”Dan makan minumlah kamu hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.” (QS Al-Baqarah [2] : 187). Ayat tersebut menerangkan  bahwasanya makan minum (sahur) masih diperbolehkan hingga jelas/terang (tabayyun) fajar sudah datang. (Yusuf Al-Qaradhawi, Fiqh Al-Shiyam, hlm. 101; Mahmud Abdul Lathif Uwaidhah, Al-Jami’ li Ahkam Al-Shiyam, hlm. 77; Wahbah Zuhaili, At-Tafsir Al-Munir, 2/153).


Yang dimaksud fajar pada ayat tersebut yaitu  fajar shodiq, bukan fajar kadzib. Diterangkan dalam hadits ‘Aisyah RA, dia berkata,”Janganlah adzan Bilal mencegah dari sahur kamu, karena dia menyerukan adzan pada malam hari. Makan minumlah kamu hingga kamu mendengar adzan Ibnu Ummi Maktum, karena dia tidak menyerukan adzan hingga terbit fajar.” (HR Bukhari, Muslim, Nasa`i, Ahmad, Ibnu Hibban, dan Ibnu Khuzaimah).


Hadits ini menerangkan bahwa Bilal mengumandangkan adzan pada malam hari sebelum fajar datang atau saat terbit fajar kadzib, yaitu munculnya cahaya putih yang memanjang ke arah atas/langit. Adapun Ibnu Ummi Maktum mengumandangkan adzan pada waktu fajar shadiq telah terbit, yaitu munculnya cahaya putih ke arah kanan dan kiri dari arah timur, bukan hanya ke arah atas saja. (Mahmud Abdul Lathif Uwaidhah, ibid., hlm. 82).


Dengan dasar hadits ‘Aisyah RA ini, menjelaskan batas akhir waktu sahur bukan fajar kadzib akan tetapi fajar shadiq, yaitu waktu adzan Shubuh. Oleh sebab itu, waktu Imsak (kurang lebih 10 menit sebelum waktu Shubuh) bukanlah batas akhir sahur. Hal itu ditegaskan bahwa batas akhir sahur adalah datangnya fajar shadiq (waktu Shubuh), bukanlah pada saat Imsak. Jadi jiwa waktu imsak tiba, sahur masih boleh dan tidak haram bagi yang berpuasa.


Imsak bertujuan hanya untuk kehati-hatian (ihtiyath) saja, bukan batas akhir waktu sahur. Hal ini diterangkan dalam hadits Zaid bin Tsabit RA yang berkata,”Kami pernah makan sahur bersama Nabi SAW, kemudian kami berdiri untuk shalat (Shubuh).’ Lalu Anas bertanya kepada Zaid bin Tsabit, ‘Berapa lama antara keduanya (sahur dan shalat Shubuh)?’ Zaid bin Tsabit menjawab,’Kadarnya (lamanya) sekitar bacaan 50 ayat.” (HR Bukhari, Muslim, Nasa`i, Tirmidzi, dan Ibnu Majah). (Mahmud Abdul Lathif Uwaidhah, ibid., hlm. 81).


Dengan begitu kita mengetahui batas akhir waktu sahur adalah waktu adzan Shubuh. Namun bukan awal adzan Shubuh, hali ini dikarenakan ada dalil yang membolehkan sahur saat orang mendengar adzan Shubuh. Bisa diartikan, hadits ‘Aisyah RA bahwa batas akhir sahur adalah adzan Shubuh masih mujmal (global). Hadits ini kemudian diperjelas dengan hadits Abu Hurairah RA sebagai mubayyan (penjelas yang detail dari mujmal) yang masih membolehkan sahur ketika adzan Shubuh. Abu Hurairah RA berkata,”Rasulullah SAW bersabda,’Jika seseorang dari kamu mendengar adzan (Shubuh), sedangkan bejana (air) sedang di tangannya, maka janganlah dia meletakkan bejananya hingga dia menyelesaikan hajatnya darinya [minum].” (HR Abu Dawud no 2350, Ahmad, Daruquthni, dan Al-Hakim. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Hakim dan disetujui oleh Imam Dzahabi). (Mahmud Abdul Lathif Uwaidhah, ibid., hlm. 79). Berdasarkan hadits Abu Hurairah RA ini, jelaslah bahwa makan dan minum saat adzan Shubuh masih dibolehkan. Hadits Abu Hurairah RA ini adalah penjelas (mubayyan) dari hadits ‘Aisyah RA yang mujmal bahwa batas akhir sahur adalah saat adzan Shubuh.


Kesimpulannya, batas akhir waktu sahur adalah saat adzan Shubuh, namun bukan awal adzan Shubuh, melainkan memanjang hingga akhir adzan Shubuh. Maka jika adzan Shubuh masih berkumandang, sahur masih boleh, tidak haram, dan tidak wajib qadha`. Wallahu a’lam.


 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Posting terbaru

Anda ingin trading dengan modal hanya $1 saja... Silakan daftar di sini maka anda akan dapat $5 gratis Marketiva